menu
NONCreative
Tutorial NonCreative - Cara Membuat Blog Travel Menghasilkan Uang di 2018

Tutorial Cara Membuat Blog Travel Menghasilkan Uang di 2018

12 November 2018 Tutorial

Apakah Anda ingin tahu cara membuat blog travel menghasilkan uang tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Blog travel adalah media populer untuk berbagi travel Anda dengan bukan hanya keluarga dan teman tetapi juga dengan seluruh dunia. Dalam panduan ini, kami akan memandu Anda melalui cara memulai blog travel dengan benar dan bahkan menghasilkan uang darinya tanpa keterampilan teknis khusus.

Apa yang Anda perlukan untuk memulai blog travel ini?

Ada 3 hal yang Anda butuhkan untuk memulai blog travel dengan benar, yaitu:

Ya, Anda dapat memulai dengan blog travel yang tampak profesional dalam waktu kurang dari 30 menit. Kami akan memandu Anda melalui proses setiap langkah.

Dalam tutorial langkah demi langkah ini, kami akan membahas hal-hal berikut.

Mari kita mulai.

Langkah 1. Memilih Platform yang Tepat

Bagi kebanyakan pemula, kesalahan terbesar tidak dimulai dengan platform blogging yang tepat. Karena Anda sudah ada di sini, Anda tidak akan membuat kesalahan itu.

Kami merekomendasikan menggunakan WordPress.org. Ini adalah platform blogging yang paling kuat dan populer di dunia memberi Anda kebebasan penuh untuk memulai, tumbuh, dan menghasilkan uang dari blog Anda.

Penting untuk tidak mengacaukan WordPress.org dengan WordPress.com, karena mereka adalah 2 platform yang berbeda. WordPress.com adalah solusi yang di-host (hosting milik wordpress) dan WordPress.org adalah platform yang dihosting sendiri. Untuk lebih lanjut tentang topik ini, lihat perbandingan WordPress.com vs WordPress.org di mesin pencari Google.

Untuk memulai blog travel dengan WordPress.org, Anda akan membutuhkan nama domain dan akun hosting WordPress. Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat artikel tentang perbedaan antara nama domain dan hosting web.

Biasanya, biaya untuk sebuah nama domain kurang lebih $14,99/tahun dan web hosting sekitar $7,99/bulan. Sudah cukup untuk pemula yang baru memulai blog travel.

Bluehost adalah salah satu perusahaan hosting terbesar di dunia dan secara resmi direkomendasikan oleh WordPress.org.

Pada dasarnya, Anda dapat memulai hanya dengan $2,75 per bulan.

Sekarang mari lanjutkan dan beli nama domain dan hosting Anda untuk blog travel Anda.

Pertama, Anda perlu membuka situs web Bluehost di tab browser baru dan klik tombol hijau untuk memulai.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih paket yang Anda inginkan (dasar dan plus adalah yang paling populer di antara pengguna kami).

Setelah itu, Anda akan diminta memasukkan nama domain untuk situs web Anda.

Tip:
Pastikan nama domain Anda mudah diucapkan dan dieja. Anda juga dapat menggunakan kata kunci yang menurut Anda, orang akan mencari ketika mencari blog travel. Ini akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak lalu lintas dari pencarian Google.

Setelah memilih nama domain Anda, klik tombol selanjutnya untuk melanjutkan.

LIHAT:   Tutorial Cara Menggunakan Konten Buatan Pengguna di WordPress

Sekarang, Anda perlu menambahkan informasi akun Anda dan menyelesaikan informasi paket untuk menyelesaikan prosesnya. Kami menyarankan untuk menggunakan rencana 36 bulan karena itu adalah pilihan terbaik.

Anda juga akan melihat beberapa tambahan opsional yang dapat Anda beli. Kami tidak menyarankan untuk membelinya segera. Anda dapat selalu menambahkannya nanti jika Anda memutuskan bahwa Anda membutuhkannya.

Setelah itu, Anda perlu memasukkan informasi pembayaran Anda dan menyelesaikan pembelian.

Setelah selesai, Anda akan menerima email dengan detail tentang cara login ke panel kontrol web hosting Anda (cPanel).

Langkah 2. Memasang WordPress

Langkah ini tidak diperlukan karena Bluehost akan secara otomatis menginstal WordPress pada nama domain Anda. Anda hanya perlu mengklik tautan di email yang Anda terima setelah mendaftar.

Ini akan membawa Anda ke panel kontrol hosting Anda. Dari sini, Anda cukup mengeklik pada proses masuk ke tombol WordPress untuk masuk ke dasbor admin situs WordPress Anda.

Sekarang Anda siap untuk menyesuaikan penampilan blog travel Anda dan mulai menambahkan konten.

Langkah 3. Memilih Tema untuk Blog travel Anda

Tema adalah salah satu hal terbaik tentang WordPress. Mereka mengontrol desain dan tampilan situs web Anda dan ada ribuan tema WordPress gratis dan berbayar yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan Anda.

WordPress digunakan oleh semua jenis situs web sehingga tema WordPress hadir dengan banyak pilihan. Tema WordPress yang dirancang untuk situs web bisnis mungkin tidak terlihat bagus untuk blog travel.

Anda akan membutuhkan tema yang cocok dengan tampilan dan nuansa blog travel. Triknya di sini adalah berusaha untuk kesederhanaan dan menemukan keseimbangan sempurna antara fungsionalitas dan desain.

Perlu melihat beberapa contoh hebat? Lihat tentang tema WordPress terbaik untuk blog travel, dapat Anda kunjungi halaman https://www.wpbeginner.com/showcase/best-wordpress-themes-for-travel-blogs/.

Setelah Anda menemukan tema yang sesuai, lihat panduan tentang cara menginstal tema WordPress untuk petunjuk instalasi langkah demi langkah.

Langkah 4. Menambahkan Konten ke Blog travel Baru Anda

Setelah Anda menginstal dan mengatur tema WordPress, langkah selanjutnya adalah mulai menambahkan konten. WordPress hadir dengan dua jenis konten default, mereka disebut posting dan halaman. Sementara posting akan menjadi entri di blog travel Anda, halaman untuk menambahkan konten statis ke situs web Anda.

Sebaiknya tambahkan konten statis terlebih dahulu karena membantu Anda membuat struktur untuk situs web Anda. Misalnya, halaman formulir kontak, halaman tentang kami, halaman kebijakan privasi, dan banyak lagi.

Selanjutnya, Anda ingin mulai menambahkan artikel dan posting ke blog travel Anda. Pergi ke Posting > Tambah halaman Baru untuk menambahkan posting blog pertama Anda.

Anda dapat menambahkan jenis konten apa pun yang Anda inginkan. Anda dapat menulis artikel, menambahkan gambar, membuat galeri gambar, menyematkan video, audio, dan banyak lagi.

Langkah 5. Ide Konten Bagus untuk Blog travel

Pos blog travel Anda adalah tempat Anda akan mengembangkan suara Anda sendiri dan melibatkan audiens Anda. Mereka harus informatif, menghibur, dan membantu.

Anda mungkin dapat dengan cepat menambahkan beberapa posting pertama tetapi akan semakin sulit untuk secara teratur datang dengan ide-ide baru untuk posting blog Anda. Lihat ide posting blog daftar besar ini yang terbukti berfungsi, dan Anda dapat dengan mudah menggunakannya untuk blog travel Anda, silakan kunjungi https://optinmonster.com/73-type-of-blog-posts-that-are-proven-to-work/.

LIHAT:   Tutorial Mudah Cara Memasang Video di Posting Blog WordPress

Kami juga menyarankan Anda untuk secara teratur mengunjungi blog travel populer untuk mendapatkan inspirasi untuk ide posting blog Anda sendiri. Lihat apa yang dilakukan oleh blog top ini di blog Anda sendiri.

Kami tidak menyarankan Anda untuk mencuri atau mereproduksi konten yang sama. Anda hanya perlu mendapatkan ide, inspirasi, dan topik dan kemudian menggunakannya untuk membuat konten unik dengan suara, gaya, dan cita rasa Anda sendiri.

Anda juga akan melihat bahwa blog travel populer mempublikasikan cukup teratur. Itu karena mempertahankan frekuensi yang konsisten adalah kunci keberhasilan blogging. Anda harus tetap dengan frekuensi yang konsisten untuk seni Anda. Kami menyarankan memulai dengan tiga artikel seminggu dan secara bertahap tingkatkan hingga 5 artikel dalam seminggu.

Langkah 6. Dapatkan Lebih Banyak Traffic ke Blog travel Anda

Setelah Anda mulai menambahkan konten ke blog travel Anda, langkah selanjutnya adalah membantu pengguna menemukan situs web Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut.

1. Kerjakan SEO Blog Anda
Mesin pencari adalah sumber utama lalu lintas untuk sebagian besar situs web dan blog di internet. Mereka menyarankan pemilik situs web untuk menggunakan praktik terbaik tertentu untuk meningkatkan visibilitas situs mereka dalam hasil pencarian. Praktik terbaik ini disebut SEO (Search Engine Optimization) atau pengoptimalan mesin pencari.

WordPress sangat ramah SEO. Namun, ada banyak lagi yang dapat Anda lakukan untuk mendorong lebih banyak lalu lintas ke blog travel Anda.

2. Tingkatkan Kecepatan dan Kinerja Situs Web
Tidak ada yang suka situs web yang lambat. Pengguna Anda akan segera meninggalkan situs web Anda dengan pengalaman pengguna yang buruk dan Anda mungkin tidak akan pernah mendapatkannya lagi. Ini juga memengaruhi peringkat penelusuran situs web Anda karena Google menganggap kecepatan salah satu faktor peringkat teratas.

Anda tidak akan melakukan penyesuaian kinerja WordPress tertentu untuk mempercepat situs web Anda.

3. Melacak Statistik Pengguna
Kebanyakan pemula menggunakan tebakan terbaik mereka untuk memutuskan apa yang ingin dibaca atau dilihat oleh pengguna mereka. Anda tidak perlu melakukannya ketika Anda bisa mendapatkan data aktual untuk menunjukkan kepada Anda apa yang sebenarnya diinginkan dan dilakukan pengguna di situs web Anda. Dengan menggunakan data ini, Anda dapat membuat keputusan berdasarkan informasi untuk merencanakan strategi konten Anda dan mengembangkan situs web Anda.

Untuk mendapatkan wawasan ini, Anda harus mulai menggunakan Google Analytics. Ini memberi tahu Anda berapa banyak orang yang mengunjungi situs web Anda, apa yang mereka lihat, dari mana mereka berasal, dan banyak lagi.

Google Analytics menawarkan banyak sekali data. Namun, sebagai pemula, Anda mungkin tidak tahu apa yang harus dilihat di mana dan laporan mana yang harus dipantau.

4. Buat Saluran YouTube
YouTube bukan hanya situs web berbagi video terbesar di dunia, juga merupakan mesin pencari paling populer kedua di dunia. Anda dapat membuat saluran YouTube secara gratis dan mulai mengunggah video travel, vlog, dan video kiat travel Anda.

Saluran travel sangat besar di YouTube. Bahkan, sudah ada vlogger travel di YouTube yang membuat pendapatan enam digit melalui sponsor, iklan, dan dukungan merek.

Bahkan jika Anda tidak ingin menjadi YouTuber, Anda masih dapat menggunakan platform untuk mengarahkan lalu lintas ke blog travel Anda.

LIHAT:   Cara Verifikasi WordPress di Pinterest (Langkah demi Langkah)

Langkah 7. Menghasilkan Uang Dari Blog travel Anda

Pernah bertanya-tanya bagaimana para blogger travel top ini pergi ke semua lokasi eksotis ini di seluruh dunia. Bepergian cukup mahal dan beberapa blogger travel ini tidak melakukan hal lain selain melakukan travel. Bagaimana mereka menghasilkan uang?

Di sini kami akan memberi tahu Anda bagaimana blog travel lain menghasilkan uang dan bagaimana Anda dapat melakukan hal yang sama dengan blog travel Anda.

1. Sponsor
Manfaat travelling untuk blogger travel paling terkenal adalah sponsor. Sponsor ini berasal dari hotel, maskapai penerbangan, kapal pesiar, operator tur, dan bahkan lembaga pemerintah yang mempromosikan pariwisata.

Setelah blog Anda mencapai jumlah lalu lintas reguler yang layak, Anda dapat menjangkau organisasi-organisasi ini sendiri. Sebagai imbalan untuk barang gratis, mereka ingin Anda menyebutkan tempat atau layanan mereka di blog Anda.

Bagaimana Anda mencari tahu siapa yang akan tertarik pada kesepakatan seperti itu? Lihat perusahaan lain mana yang sudah mensponsori blogger travel lainnya, atau coba keberuntungan Anda secara acak dengan hotel dan maskapai penerbangan untuk tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi.

Meskipun penawaran sponsor akan memberi Anda beberapa keuntungan, mereka tidak akan menghasilkan uang untuk Anda.

2. Iklan
Bukan hanya blog travel, tetapi hampir semua blog populer di internet mengandalkan iklan. Cara paling populer untuk menampilkan iklan di blog Anda adalah dengan menggunakan Google AdSense.

Ini menghubungkan blogger seperti Anda dengan pengiklan yang mencari audiens yang ditargetkan. Pengiklan membayar Google, yang membayar Anda setelah mengambil bagian kecil mereka.

3. Pemasaran Afiliasi
Pemasaran afiliasi memungkinkan Anda untuk merekomendasikan produk travel yang Anda gunakan dan sukai. Anda mendapatkan komisi rujukan ketika pengguna Anda membeli produk setelah mengklik tautan Anda.

Untuk menghasilkan uang dengan pemasaran afiliasi, Anda perlu mencari produk dan merek travel dengan program afiliasi. Ini bisa berupa produsen ransel, kamera petualangan, tongkat selfie, perusahaan asuransi travel, perusahaan travel, dan sebagainya.

Mitra afiliasi terbesar yang dapat Anda daftarkan adalah Afiliasi Amazon. Mereka memiliki banyak produk dalam gadget travel, aksesoris, koper, tas, pakaian, elektronik, dan banyak lagi.

Butuh bantuan untuk memulai? Lihat panduan pemula kami untuk pemasaran afiliasi dengan petunjuk langkah demi langkah dan alat yang Anda perlukan untuk berhasil.

4. YouTube travel Vlogger
Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, YouTube menyediakan banyak peluang untuk menjelajah blogger. Karena video jauh lebih menarik daripada teks biasa atau bahkan foto, merek teratas dan pengiklan menghabiskan banyak uang untuk promosi dan iklan YouTube.

YouTube juga menjalankan program periklanannya sendiri yang akan menghasilkan beberapa pendapatan bagi Anda. Namun, ini akan membantu Anda terhubung dengan merek dan pengiklan sambil mendapatkan pelanggan dan pengikut baru pada saat yang sama.

Langkah 8. Menguasai Keterampilan WordPress Anda

WordPress cukup mudah digunakan dan dikelola. Namun, ada kurva pembelajaran yang terlibat setiap kali Anda memulai dengan platform baru. Anda akan terus menemukan hal-hal baru untuk dipelajari.

Mengenai tentang WordPress, Anda dapat mengunjungi WPBeginner. WPBeginner adalah situs sumber daya WordPress terbesar untuk pemula. Memiliki banyak konten bermanfaat yang dibuat khusus untuk pemula, pemilik bisnis, dan blogger.

Tinggalkan Balasan