menu
NONCreative
Non Creative - Tutorial Cara Mendapatkan Sertifikat SSL Gratis WordPress Anda

Tutorial Cara Mendapatkan Sertifikat SSL Gratis WordPress Anda

17 November 2018 Tutorial

Apakah Anda tahu cara mendapatkan sertifikat SSL gratis untuk situs web WordPress Anda? Anda memerlukan sertifikat SSL untuk menerima pembayaran online dan mengamankan situs web Anda. Mulai hari ini, 1 Juli 2018, Google Chrome akan menampilkan semua situs web yang tidak menggunakan SSL sebagai tidak aman. Dalam artikel Tutorial Cara Mendapatkan Sertifikat SSL Gratis WordPress Anda, kita akan menunjukkan kepada Anda cara mudah mendapatkan sertifikat SSL gratis untuk situs web WordPress Anda.

Apakah SSL itu?

SSL adalah singkatan dari Secure Sockets Layer. Ini adalah protokol internet untuk mengamankan transfer data antara browser pengguna dan situs web yang mereka kunjungi.

Setiap pengguna internet mentransfer informasi ketika mereka mengunjungi situs web. Informasi ini sering sensitif seperti detail pembayaran, informasi kartu kredit, atau kredensial masuk.

Menggunakan protokol HTTP normal berarti informasi ini dapat dibajak oleh peretas. Di sinilah SSL atau HTTPS ada.

Situs web yang menggunakan SSL memerlukan sertifikat SSL yang dikeluarkan oleh salah satu otoritas penerbit sertifikat yang diakui. Sertifikat ini diverifikasi dan disorot di bilah alamat browser pengguna dengan tanda gembok dan HTTPS, bukan HTTP.

Tutorial Cara Mendapatkan Sertifikat SSL Gratis WordPress

Apakah saya memerlukan Sertifikat SSL untuk situs web WordPress saya?

SSL/HTTPS disarankan untuk semua situs web di internet. Namun itu mutlak diperlukan untuk semua situs web yang mengumpulkan informasi pengguna seperti informasi masuk, detail pembayaran, informasi kartu kredit, dan banyak lagi.

Jika Anda menjalankan toko online, situs web keanggotaan, atau mengharuskan pengguna untuk masuk, Anda harus segera mendapatkan sertifikat SSL.

Sebagian besar layanan pembayaran online juga mengharuskan situs web Anda untuk menggunakan SSL / HTTP sebelum Anda dapat menerima pembayaran.

LIHAT:   Cara Verifikasi WordPress di Pinterest (Langkah demi Langkah)

Selain keamanan, sertifikat SSL juga menciptakan kesan positif terhadap merek Anda di antara pengguna Anda. Google juga menyarankan penggunaan SSL dan memberikan benjolan kecil ke situs SSL aktif dalam hasil pencarian.

Last but not least, jika situs web Anda tidak menggunakan sertifikat SSL, maka Google Chrome akan menunjukkan kepada pengguna Anda bahwa situs web Anda tidak aman.

Bagaimana Cara Kerja Sertifikat SSL?

SSL melindungi informasi dengan mengenkripsi transfer data antara browser pengguna dan situs web. Ketika seorang pengguna mengunjungi situs web SSL/HTTPs, peramban mereka terlebih dahulu akan memverifikasi jika sertifikat SSL situs web valid.

Jika semuanya diperiksa, maka peramban menggunakan kunci khusus untuk mengenkripsi transfer data. Data ini kemudian dikirim kembali ke server yang diinginkan (situs web) di mana itu didekripsi menggunakan kunci SSL unik.

Berapa Biaya Sertifikat SSL?

Biaya Sertifikat SSL berbeda dari satu otoritas sertifikat ke yang lain. Harga mereka bisa berkisar antara $50-200/tahun. Beberapa penyedia menawarkan layanan tambahan dengan sertifikat mereka yang mungkin juga memengaruhi biaya sertifikat SSL Anda.

Jika Anda akan membeli sertifikat SSL, maka kami merekomendasikan GoDaddy. Mereka adalah layanan registrasi nama domain terbesar di dunia, mengelola lebih dari 76 juta domain.

Mereka menawarkan paket sertifikat SSL sederhana mulai dari $69,9/tahun. Setelah Anda membeli sertifikat SSL, Anda dapat meminta penyedia hosting Anda untuk menginstalnya untuk Anda.

Bagaimana saya dapat memperoleh Sertifikat SSL Gratis?

Banyak pemilik situs web yang enggan menggunakan SSL karena ada biaya tambahan. Ini membuat banyak situs web ini rentan terhadap pencurian data dan informasi.

Proyek nirlaba yang disebut Let’s’s Encrypt memutuskan untuk memperbaikinya dengan membuat otoritas sertifikat gratis. Karena pentingnya proyek, dengan cepat mendapat dukungan dari perusahaan besar seperti Google Chrome, Facebook, Shopify, WordPress.com dan banyak lainnya.

LIHAT:   Tutorial Mudah Cara Memasang Video di Posting Blog WordPress

Jika Anda ingin memasang Let’s Encrypt oleh Anda sendiri, Anda harus memiliki pengetahuan pengkodean, know-how server, dan akses Shell/SSH untuk menggunakan alat baris perintah. Ini menyulitkan bagi para pemula untuk menyetel dengan benar Let’s’s Encrypt SSL.

Untungnya, perusahaan hosting WordPress terbaik sekarang menawarkan sertifikat SSL gratis dengan semua paket hosting mereka. Memilih salah satu dari mereka akan menyelamatkan Anda dari kerumitan menginstal sertifikat SSL sendiri.

Berikut adalah perusahaan hosting WordPress terbaik yang menawarkan sertifikat SSL gratis dengan paket hosting mereka.

Jika Anda sudah menggunakan salah satu perusahaan ini, maka Anda dapat mengaktifkan sertifikat SSL gratis dari dasbor hosting Anda. Anda juga dapat meminta penyedia hosting Anda untuk mengaktifkannya untuk Anda.

Jika perusahaan hosting web Anda tidak menawarkan SSL gratis, maka Anda dapat dengan mudah mengikuti panduan ini untuk mengganti hosting Anda dan memindahkan situs Anda ke salah satu perusahaan di atas.

Menyiapkan WordPress Setelah Mengaktifkan Sertifikat SSL Gratis

Setelah Anda mengaktifkan Sertifikat SSL gratis, Anda perlu mengatur WordPress untuk mulai menggunakan HTTPS, bukan HTTP di semua URL Anda.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menginstal dan mengaktifkan plugin Really Simple SSL di situs web Anda.

Setelah aktivasi, plugin akan memeriksa apakah sertifikat SSL Anda diaktifkan. Setelah itu, ia akan mengaktifkan pengalihan http ke https dan mengubah pengaturan situs web Anda untuk mulai menggunakan SSL/HTTPs.

Meskipun plugin ini mencoba memperbaiki semua masalah konten campuran, mungkin masih ada beberapa pemuatan file dari HTTP, bukan HTTPS. Untuk memperbaikinya, Anda perlu menemukan file-file tersebut menggunakan alat Inspect Element dan memperbaikinya.

LIHAT:   Tutorial Cara Membuat Blog Travel Menghasilkan Uang di 2018

Paling umum, file-file ini dimuat oleh plugin WordPress yang dikodekan dengan buruk. Jika Anda tidak dapat memperbaikinya, maka jangan ragu untuk mencopot pemasangan plugin tersebut dan mencari pengganti yang sesuai.

Bagaimana mudah bukan? Silakan untuk mengikuti panduan Tutorial Cara Mendapatkan Sertifikat SSL Gratis untuk WordPress Anda.

Tinggalkan Balasan